Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.
- Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)
- Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.
Banyak cara untuk menyiasati agar bisa menggunakan bensin Premium pada mesin yang ber-CR tinggi, namun mesin tidak mengalami ‘ngelitik’, antara lain:
- Menambahkan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
- Menggunakan katalis untuk menaikkan nilai oktan (biasanya mengandung timbal, tidak ramah lingkungan).
- Merubah derajat waktu pengapian (ignition timing) ke posisi yang lebih lambat (Retard).
- Menggunakan aplikasi water-injection (agak repot untuk perawatannya).
- dan lain-lain.
Tabel di bawah sengaja di beri warna, sesuai dengan bensin yang direkomendasi.


kalo vespa vbb tahun 64 standar berapa kompresinya gan???
BalasHapusUntuk Vespa super atau sprint idealnya standar berapa kompresinya gan??
BalasHapusThe best casino, slots and live dealer games, now with no
BalasHapusIn our Casino 사설 토토 사이트 Games, you can play over 먹튀 100 of titanium tube the most popular งานออนไลน์ and exciting casino table games including Blackjack, 바카라 사이트 Craps, Video Poker, Video